Rumus Luas Permukaan Limas Persegi Panjang

Rumus Luas Permukaan Limas Persegi Panjang

Hai, Sobat Zenius, kamu pasti sudah pernah mempelajari materi bangun datar dan bangun ruang kan? Nah, di artikel ini, aku mau mengajak kamu belajar rumus luas permukaan limas segi empat, segi lima, segitiga lengkap dengan volume dan jenis-jenisnya. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!


Apa Itu Limas?

Sebelum lebih jauh membahas rumus luas permukaan limas, ada baiknya kamu paham dulu nih apa itu limas? Biar lebih mudah, kamu tahu kan bangunan Piramida di Mesir? Yap, betul sekali bentuk Piramida pada dasarnya limas segi empat.

Coba bayangkan bangunan bersejarah bernama Piramida di Mesir. Bisa dibayangkan ya.

Piramida di Mesir menggunakan Luas Permukaan Limas Segi Empat.
Piramida Giza membentuk bangun ruang limas segi empat (Dok.pixabay)

Selain piramida Giza, bentuk bangun ruang ini yang biasa kamu temui di kehidupan sehari-hari misalnya adalah tenda, rubrik, menara telepon, hingga bagian atas kuil yang dikenal sebagai shikhara atau shikhar.

Limas adalah
sebuah bangun ruang (tiga dimensi) yang memiliki alas berupa poligon (segi banyak: yaitu segitiga, segi empat, dan segi lima). Sisi-sisinya berbentuk segitiga dan memiliki puncak. Nama dari bangun ruang ini ditentukan berdasarkan bentuk alasnya.

rumus limas
Bagian dari limas segi empat (Dok.mathsisfun)

Buat kamu yang belum punya aplikasi Zenius, yuk download apps-nya sekarang! Klik banner di bawah ini sesuai device yang kamu gunakan ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore

icon download appstore

download aplikasi zenius app gallery


Rumus Limas

Sekarang sudah tahu kan bentuk bangun ruang limas kayak gimana. Yuk lanjut ke rumus limas. Terdapat 2 jenis rumus limas yaitu rumus luas permukaan limas dan rumus book bangun ruang limas, kamu bisa gunakan rumus berikut ini.

Rumus Luas Permukaan Limas


Luas alas + jumlah luas sisi tegak (selubung)

Rumus Volume Limas


⅓ x luas alas 10 tinggi

Tapi, rumus tersebut perlu kamu sesuaikan lagi dengan luas alas dari masing-masing bentuk alasnya ya.


Jenis Limas dan Rumusnya

Sebelumnya, aku sudah bilang kalau nama jenis limas ini ditentukan dari bentuk alasnya. Makanya jangan heran ya rumus luas permukaan limas akan berbeda tergantung dengan alasnya.

Jenis limas ada apa aja sih? Ada yang limas segitiga, limas segi empat (persegi), limas segi lima (pentagon), hingga limas segi enam (hexagon).

Rumus Book dan Luas Permukaan Limas Segitiga

Rumus Volume

V: ⅓ x (½ 10 a x t) x t

Rumus Luas Permukaan

LP: (½ ten a x t) + (three x luas sisi tegak)

Kok jadi panjang banget sih rumusnya? Tenang, untuk rumus luas permukaan yang di dalam kurung adalah luas alas ya. Jadi, yang perlu kamu hafal cuma luas segitiga, persegi, segi lima dan segi enam ya.

Pembahasan lainnya terkait rumus limas segitiga bisa kamu baca di artikel berikut:
Rumus Volume Limas Segitiga dan Pembahasan Soal.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas Segi Empat (Persegi)

Rumus Volume

5: ⅓ x (southward ten s) x t

Rumus Luas Permukaan

LP: (s x s) + (four x luas sisi tegak)

Nah, untuk luas book sama ya Sobat Zenius. Yang tercantum di dalam kurung adalah luas alas juga, baik itu segi lima, segi enam dan segitiga.

Rumus Book dan Luas Permukaan Limas Segi Enam (Hexagonal)

Rumus Volume

Five: ⅓ x (2,598 x s x due south) 10 t

Rumus Luas Permukaan

LP: (two,598 x southward x due south)  + (half-dozen ten luas sisi tegak)

Kalau kamu masih bingung cara dapat luas sisi tegaknya gimana sih? Kalau kamu perhatikan sisi tegaknya berbentuk segitiga, bukan? Kamu tinggal mencari luas segitiga kemudian hasilnya dikali sesuai jenisnya (segitiga, segi empat, segi lima atau segi enam).

Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas Segi Lima (Pentagonal)

Rumus Volume

V: ⅓ x (one,72 x due south 10 s) x t

Rumus Luas Permukaan

LP: (1,72 10 s x s) + (5 x luas sisi tegak)


Nah

, untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung melihat gambar di bawah ini!

jenis limas dan rumusnya, ada limas segitiga, limas segiempat, limas segilima, dan limas segienam
Rumus book dan luas permukaan limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, dan limas segi enam (Arsip Zenius).

Rumus limas masuk dalam ragam pembahasan rumus bangun ruang. Untuk belajar rumus bangun ruang lainnya, kamu bisa kunjungi artikel ini:
Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang
dan
Rumus Volume Bangun Ruang.


Contoh Soal dan Pembahasan

Sekarang, kita lihat contoh soal,


yuk

. Agar kamu bisa semakin paham dan mengenal lebih jauh mengenai bangun ruang yang satu ini.
Diingat lagi ya rumus yang tadi dipelajari bersama.



Soal

Sebuah limas segi empat T.PQRS dengan panjang sisi 10 cm memiliki tinggi 12 cm. Berapa luas permukaan dan volumenya?



Pembahasan

Bisa dibaca di soalnya ya, alasnya berbentuk segi empat. Kamu bisa menjawabnya menggunakan rumus luas permukaan limas segi empat.



Luas permukaan T.PQRS = Luas alas + jumlah luas sisi tegak (selubung)

Luas alas = s x s = 10 x ten =
100 cm persegi.

Jumlah luas sisi tegak = jumlah segitiga x luas segitiga QRT atau iv x luas segitiga QRT

Luas segitiga QRT (menggunakan perhitungan phytagoras), maka tinggi BT adalah 13 cm.

Sehingga, luas segitiga QRT = ½ x QR 10 BT = ½ x 10 x 13 = 65 cm persegi.

Jumlah luas sisi tegak = iv 10 luas segitiga QRT = 4 x 65 =
260 cm persegi.

Jadi, luas permukaan limas segi empat adalah = 100 + 260 =
360 cm persegi.

Selanjutnya, kita cari volumenya:



Volume limas T.PQRS = ⅓ x luas alas x tinggi

Jadi, book T.PQRS adalah = ⅓ x 100 10 12 =
400 cm kubik.

———-

Itu dia pengertian, rumus luas permukaan limas, hingga contoh soalnya.
Gimana,
apakah kamu sudah
paham tentang bangun ruang ini?
Udah donk
pastinya. Kalau kamu mau belajar rumus volume dan luas permukaan bangun ruang lain, kamu bisa
klik link ini.

Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk kamu ya dan jangan lupa terus berlatih supaya rumus-rumus tadi gak cepet lupa ya,
guys.
Have a nice 24-hour interval!

Khusus buat Sobat Zenius yang ingin meningkatkan nilai rapor, sekaligus menambah pemahaman semua materi belajar di sekolah, kamu bisa gabung di Zenius Aktiva Sekolah.

Di sini, kamu akan dapat akses ke ribuan video materi belajar premium, dibimbing langsung sama tutor Zenius di Live Grade, Try Out untuk mengukur kemampuan jawab soal ujian, sampai latihan soal intensif yang bikin kamu makin jago jawab segala jenis soal. Apalagi ada diskon sampai 78% lho buat kamu. Tunggu apalagi, yuk cek informasi lengkapnya dengan klik banner di bawah ini, sekarang!

indeks harga

Selain materi ini, kamu bisa cek materi matematika lainnya yang nggak kalah seru dan menarik hanya di Youtube Channel Zenius ya!

Youtube Zenius Teaching

Originally published:

Feb ix, 2021


Updated past:

Silvia Dwi


& Rizaldi Abror

Rumus Luas Permukaan Limas Persegi Panjang

Source: https://www.zenius.net/blog/rumus-limas-dan-pengertiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *