Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala Setelah Ganti Tabung

Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala Setelah Ganti Tabung

Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala Setelah Ganti Tabung Gas Elpiji



Sharing Past
Rey


– Bisa masang gas sendiri ternyata bukanlah satu-satunya keajaiban yang bisa saya lakukan sejak harus mengurus anak-anak seorang diri.

Tapi mengatasi masalah-masalah lainnya yang timbul dari kegiatan pasang memasang gas juga wajib bisa saya atasi sendiri.

Salah satunya adalah mengatasi masalah gas elpiji yang tidak nyala setelah ganti tabung refill-nya.

Akhirnya Bisa Pasang Gas Sendiri.

Sudah setahunan rasanya, saya bisa pasang gas sendiri.
Sebelumnya mah boro-boro.

Jangankan pasang gas, buka gas kosong aja, takut.
Angkat gas yang ada isinya juga takut.
Takut meledak.

cara aman ibu-ibu pasang gas elpiji

Waktu awal-awal LDM an ama papinya anak-anak, sungguh saya kalut bukan primary.
Dan berkali-kali papinya anak-anak terpaksa maksain pulang meski jaraknya puluhan KM hanya demi pasang gas hahaha.

Kadang juga minta tolong pak Satpam.
Lama-lama saya nggak nyaman dengan keadaan seperti itu, bergantung ke orang lain.
Dan dengan penuh deg-degan saya maksain diri masang tabung gas.

Dan ternyata..
Astagaaaaa… gampang banget bahahaha.

Saya ngakak nggak berhenti saat pertama kali bisa pasang tabung gas elpiji sendiri.
Menertawai semua ketakutan tak beralasan saya selama ini.
Bagaimana bisa saya takut sendiri, ternyata masang gas itu, sama dengan masang selang mesin cuci di kran air hahaha.

Yang penting berbekalkan Bismillah, sebelumnya cek dulu apa ada kebocoran pada tabung, jauhkan dari sumber api, dan pasang, klek, selesai.
Nyalain kompor, api nyala, dan
information technology’s done!
Sesimple itu.

Kadang juga ada masalah, di mana gasnya masih mendesis karena pemasangannya nggak bisa rapat.
Saya bingung lalu memperhatikan kondisi mulut tabung gas elpiji dan teringat dengan karet gelang.
Saya ambil karet gelang, saya lingkarin di mulut tabung, lalu dipasang, selesai.
Masalah terselesaikan dengan baik.

Begitulah, pasang gas sebenarnya nggak semenakutkan itu.
Meskipun memang faktor kondisi yang mendorong kita bisa pasang gas.

Jadi kalau ada mamak-mamak yang bilang, takut pasang gas, saya maklum sih.
Itu karena masih ada yang dimintain tolong.
Coba kalau enggak, dijamin semua bisa pasang gas elpiji hahaha.

Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala Setelah Ganti Tabung Gas Elpiji

Mengatasi rasa takut pasang gas sendiri, udah.
Mengatasi masalah mulut tabung gas elpiji yang longgar, juga sudah.

kompor tidak nyala setelah ganti tabung gas elpiji

Saya pikir, masalah pasang memasang gas elpiji sudah selesai.
Sampai beberapa waktu lalu, saat ramadan, gas di dapur habis.
Saya telpon toko yang jualan gas, beberapa sata kemudian diantar.

Saya bawa ke dapur dan masang, semua serba mudah.
Lalu saya nyalakan kompornya.
Ceklek, daaann tidak ada gas sama sekali dong yang masuk.

Saya angkat tabungnya, berat.
Khas kalau tabung ada isinya.
Pas ditancapin selangnya juga terdengar bunyi mendesis dan bau gas.

Tapi entah mengapa kok ya nggak masuk ke kompor sama sekali?
Pusing dong saya.
Langsung teringat sahabat baik saya, yaitu si google hahaha.
Googling-googling dan nemu, ternyata masalahnya ada di mulut selang yang menuju kompor.

Jadi di bagian mulut selang atau regulator gas itu ada semacam benda bulat kecil macam kelereng mungil, yang sepertinya berguna untuk menutup aliran api dari kompor menuju tabung gas.
Jadi fungsi benda kecil itu sangatlah penting, kalau nggak ada bisa mengakibatkan api masuk ke tabung gas.

Saya googling dan tahu kalau namanya pentilator.
Jika ada ketidak seimbangan udara atau gas di antara pentilator tersebut, maka benda bulat tersebut atau namanya gotri akan menutup secara otomatis.

Dugaan saya, hal tersebut terjadi karena kelebay-an saya melepaskan selang gas elpiji di saat kondisinya belum stabil atau baru saja habis saat sedang memasak.

Sehingga jadilah si gotri imut itu menutup lubang pentilator secara otomatis.

Solusi dari masalah kompor gas yang tidak bisa nyala setelah ganti tabung Gas Elpiji sangat mudah, yaitu :

  • Lepas kembali selang yang sudah terpasang di tabung gas.
  • Ketuk-ketuk perlahan dengan benda keras tepat di pentilator atau mulut selang.
  • Goyangkan perlahan selang regulator tersebut, jika sudah terdengar bunyi semacam benda bulat di dalam pentilator, maka pasang kembali regulator pada tabung gas.
  • Setelah terpasang rapat dan sempurna, nyalakan kompor, dan insha Allah bisa menyala seperti biasanya.

Mudah kan…

mengatasi kompor gas tidak mau nyala setelah ganti tabung gas elpiji

Iya mudah karena udah teratasi, hahaha.
Kemaren dong pas belum bisa saya stres sendiri, karena nggak ada orang yang bisa dimintain tolong, hahaha.

Intinya, jangan dulu mengutak atik regulator dan pentilatornya, apalagi sampai membongkarnya.
Cukup di ketuk perlahan sampai terdengar gotrinya bergerak-gerak di dalamnya.
Jika sudah demikian, insha Allah masalah teratasi dengan baik.

Demikianlah.
Mamak Rey manja yang keren banget bisa bersahabat dengan tabung gas elpiji lengkap dengan drama seputar pasang memasang tabung gas.

Kalau temans, ada yang masih takut pasang gas nggak?
Ah dinikmati saja, itu berarti temans masih punya orang yang bisa dimintain tolong hahaha.


Sidoarjo, 31 Mei 2020


Reyne Raea

Sumber : pengalaman pribadi

Gambar : Dokpri dan Canva edit by Rey



Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala Setelah Ganti Tabung

Source: https://www.reyneraea.com/2020/05/mengatasi-kompor-gas-tidak-nyala.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.