Jumlah Proton Yang Terdapat Dalam Atom Kalsium Adalah

Jumlah Proton Yang Terdapat Dalam Atom Kalsium Adalah

Dalam tutorial ini, kita akan membahas bagaimana menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron dalam suatu atom tak bermuatan (netral) dan bermuatan (ion) dengan menggunakan data nomor cantlet dan nomor massa.

Video Pembelajaran

Video pjj: Struktur Atom (Part-1)

(ukuran file : 64 MB)

  1. Pengenalan Unsur
  2. Perkembangan Teori Atom
  3. Partikel Penyusun Atom
  4. Nomor Cantlet, Nomor Massa, Lambang Atom
  5. Jumlah Proton, Neutron, dan Elektron
  6. Isotop, Isobar,Isoton, dan Isoelektron

Nomor atom dan nomor massa

Nomor atom
(Z) merupakan bilangan yang menunjukkan jumlah proton dalam suatu unsur. Nomor atom bisa difungsikan sebagai nomor urut tetap untuk jenis unsur tertentu. Misalnya, nomor atom = 1 hanya digunakan untuk atom Hidrogen. Dengan kata lain, tiap jenis unsur memiliki jumlah proton yang tetap.

Nomor massa
(A) merupakan bilangan yang menunjukkan jumlah proton dan neutron dalam inti atom. Satu jenis unsur dapat memiliki nomor massa yang berbeda, tergantung dari jumlah neutron yang terkandung. Dengan demikian, jumlah neutron dalam satu jenis unsur tidak selalu sama.

Nomor massa suatu unsur lebih besar dari nomor atomnya (kecuali hidrogen). Nomor massa yang tertera dalam tabel periodik biasanya berbentuk bilangan desimal (tidak bulat). Untuk keperluan perhitungan jumlah proton, elektron dan neutron, kita harus membulatkan nomor massa. Nomor massa dibulatkan ke bilangan bulat terdekat (round).

Kita tidak perlu menghafalkan nomor cantlet dan nomor massa. Dalam soal, jika diperlukan, data nomor cantlet dan nomor massa sudah disediakan.

Kita dapat menemukan nomor atom dan nomor massa pada:

  • Notasi/Lambang Unsur

    Bila kita menemukan notasi/lambang unsur seperti di atas, maka kita dapat mengetahui nomor cantlet dan nomor massanya.
    Makna dari lambang unsurdi atas adalah:

    X = lambang unsur
    Z = nomor atom
    A = nomor massa
  • Tabel Periodik Unsur
    Data yang tercantum dalam tabel periodik unsur banyak ragamnya. Ada tabel yang mengandung information lengkap, atau data sederhana.

    Nomor atom dan nomor massa adalah information
    wajib
    yang harus ada dalam tabel periodik.

    Tabel periodik juga bisa menampilkan data secara lengkap, seperti nama unsur, konfigurasi elektron, energi ionisasi, dan lain-lain. Berikut contoh Tabel Periodik Unsur yang sederhana:

    Kalsium mempunyai nomor atom 20 dan nomor massa 40 Berapakah jumlah neutron yang terdapat dalam atom kalsium?

    Dari tabel periodik tersebut kita bisa menemukan nilai nomor cantlet dan nomor massa suatu unsur. Data lainnya (seperti nama dan konfigurasi elektron), dapat dilihat dengan meng-klik lambang unsur yang kita inginkan. Sebagai contoh:

    Kalsium mempunyai nomor atom 20 dan nomor massa 40 Berapakah jumlah neutron yang terdapat dalam atom kalsium?

    Kalsium mempunyai nomor atom 20 dan nomor massa 40 Berapakah jumlah neutron yang terdapat dalam atom kalsium?

    Dari tabel dapat kita lihat nomor cantlet dan nomor massa unsur vanadium (V):

    nomor atom (Z) = 23 (angka yang kecil)
    nomor massa (A) = 51 (angka yang besar, dibulatkan)

Kita dapat menentukan jumlah proton, yaitu:

Jumlah proton = nomor atom (Z)

Cara menentukan jumlah neutron:

jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)

Kita dapat menentukan jumlah elektron dengan persamaan:

jumlah elektron = Jumlah proton – muatan

Soal:

Tentukan jumlah proton, neutron, dan elektron yang terdapat pada

Penyelesaian:

Dik.
Dit.
jumlah proton = …?
jumlah neutron = …?
jumlah elektron = …?

Jwb.
jumlah neutron = A – Z
= 7 – iii
= 4

jumlah elektron = jumlah proton
= 3

Soal:

Tentukan jumlah proton, neutron, dan elektron yang terdapat pada

Jawaban:

Dik.
Z = 11
A = 23
muatan = + 1

Dit.
jumlah proton = …?
jumlah neutron = …?
jumlah elektron = …?

Jwb.
jumlah neutron = A – Z
= 23 – xi
= 12

jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 11 – 1
= 10

Soal:

Tentukan jumlah proton, neutron, dan elektron yang terdapat pada

Jawaban:

Dik.
Z = viii
A = sixteen
muatan = – ii

Dit.
jumlah proton = …?
jumlah neutron = …?
jumlah elektron = …?

Jwb.
jumlah neutron = A – Z
= 16 – eight
= 8

jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= viii – (-2)
= 10


Klik link berikut untuk mengikuti kuis/latihan soal:

Jumlah Proton, Elektron dan Neutron Cantlet Netral

Jumlah Proton, Elektron dan Neutron Atom Bermuatan (Ion)

Mohon dimaklumi, jika materi dalam tutorial ini dirasa kurang lengkap dan menyeluruh. Tutorial ini dibuat sebagai fitur bantuan bagi peserta dalam mengerjakan mata kuis di www.lagonlon.com. Namun demikian, penyajian yang mudah dipahami merupakan tujuan utama kami. Masukan dari anda, akan sangat membantu kami dalam melakukan perbaikan.

Terimakasih atas kunjungan anda.

Tuliskan pesan/komentar baru

Pesan untuk halaman ini sudah mencapai batas maksimal.

Silakan berikan komentar baru di halaman
Pesan.

#114


Zahra

(22/08/xx pukul 21:14:57)

Jika ion positif (kation) terbentuk ketika suatu atom melepaskan satu atau lebih elektron Sedangkan, ion negatif (anion) terbentuk ketika suatu cantlet menangkap satu atau lebih elektron. Jelaskan apakah jumlah proton dan jumlah elektron dalam suatu atom selalu sama dan tetap?

nugnug

(23/08/20 pukul 16:02:00)

jumlah proton selalu tetap
jumlah elektron bisa berubah.

#113


Ridho

(22/08/20 pukul twenty:07:43)

Tentukan nama lambang unsur,jumlah proton,elektron,Dan, neutron dari unsur dibawah ini 1780

nugnug

(23/08/20 pukul 16:01:15)

Diketahui

nomor atom (Z) = 8
nomor massa (A) = 17
muatan = 0
nama unsur = Oksigen (isotop O-17)

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= 8

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 8 – (0)
= 8

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 17 – 8
= 9

#112


Erika Patricia

(22/08/20 pukul 09:32:18)

Tuliskan unsur dan notasi dari proton 35 dan neutron 45?

nugnug

(22/08/20 pukul 16:59:sixteen)


Diketahui

jumlah proton = 35
neutron = 45

Ditanyakan

Penyelesaian

nomor cantlet (Z) = jumlah proton
= 35

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 35 + 45
= 80

notasi unsur:

#111


Angga saputra

(twenty/08/20 pukul 17:nineteen:17)

Ko enggak ada yg aku cari

nugnug

(22/08/20 pukul 16:55:59)

aku pun tak tahu apa yang kau cari

#110


Ikhsan alhamid

(19/08/xx pukul 13:30:xviii)

Berapakah jumlah Proton di dalam atom x

#109


Apr

(nineteen/08/20 pukul 13:21:10)

Jumlah elektron pada Na+ dengan nomor cantlet 11 dan no massa 23 adalah..

nugnug

(22/08/20 pukul xvi:44:51)

muatan Na=+i,

jumlah elektron = nomor atom – muatan
= 11 – (+1)
= 10

#108


Khusnul


(19/08/twenty pukul 12:33:04)

Selesaikan tugas sya

#107


Agus putra


(19/08/20 pukul eleven:43:03)

Nomor massa=seven Nomor cantlet= 8 berapa neutronnya

nugnug

(nineteen/08/twenty pukul xviii:forty:06)

Tidak bisa diselesaikan, nomor massa harus lebih besar atau sama dengan nomor atom.

#105


Rizmi

(19/08/20 pukul 11:11:25)

Berapa jumlah elektron dari unsur

#104


Cika

(xix/08/20 pukul x:42:21)

¹⁶0²- ⁸ Jumlah proton elektron dan neutron adalah

nugnug

(19/08/20 pukul 17:43:36)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 8
Nomor massa (A) = sixteen
muatan = -2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= viii

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 8 – (-2)
= 10

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 16 – 8
= viii

#103


Riana ag

(19/08/20 pukul 09:46:13)

Jika unsur X yang mempunyai nomor atom 11 dan nomor massa 24 dapat membentuk ion X yang bermuatan +ane; maka jumlah proton, elektron, dan neutron dari ion tersebut adalah

nugnug

(19/08/20 pukul 17:41:51)

Diketahui

Nomor cantlet (Z) = 11
Nomor massa (A) = 24
muatan = +1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 11

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 11 – (+1)
= 10

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 24 – xi
= 13

#102


Herlina

(19/08/20 pukul 08:28:xviii)

Kurang jelas

#101


Mahyun

(19/08/20 pukul 08:20:34)

Tentukan jumlah proton ,elektron dan neuton pada ion berikut 56 three+ Iron

nugnug

(19/08/xx pukul 17:37:45)

Diketahui

Nomor cantlet (Z) = 26
Nomor massa (A) = 56
muatan = + 3

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 26

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 26 – (+ 3)
= 23

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 56 – 26
= 30

#100


Avivahh

(xix/08/20 pukul 07:46:21)

Tentukan proton,elektron dan neutron dari : 35,five CI 17 –

nugnug

(xix/08/20 pukul 17:35:45)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 17
Nomor massa (A) = 35 (hasil pembulatan)
muatan = -1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17 – (-1)
= xviii

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 35 – 17
= xviii

#99


Rika

(18/08/20 pukul 21:43:22)

Ion 10 pangkat 3+ mempunyai 23 elektron dan thirty neutron, tuliskan notasi atom unsur X

nugnug

(19/08/20 pukul 17:33:07)


Diketahui

jumlah elektron = 23
jumlah neutron = 30
muatan = + 3

Ditanyakan

Penyelesaian

Jumlah proton = jumlah elektron + muatan
= 23 + (+iii)
= 26

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 26

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 26 + 30
= 56

notasi unsur:

#98


Lisna Amalia

(18/08/twenty pukul 15:53:17)

Jumlah proton 24 dan jumlah neutron nya 28,sebutkan nomor massa, nomot cantlet dan jumlah elektron nya

Pintar

(eighteen/08/twenty pukul sixteen:04:xix)

Nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron = 52, Nomor cantlet = jumlah proton = 24, Jumlah elektron = jumlah proton (karena tidak ada muatan) = 24

#97


Ria Saputri

(18/08/20 pukul 14:01:43)

Suatu atom unsur mempunyai jumlah proton 6,jumlah elektron 6 dan jumlah neutron 6.tuliskan lambang unsur tersebut!

Pintar

(18/08/20 pukul 15:57:43)

Lambangnya C, unsurnya carbon….. cari google aja dapat tuh.

nugnug

(18/08/twenty pukul 18:10:27)


Diketahui

jumlah proton = six
jumlah elektron = 6
jumlah neutron = half dozen

Ditanyakan

Penyelesaian

nomor atom (Z) = jumlah proton
= vi

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 6 + 6
= 12

lambang unsur:

#96


Desti andiny

(xviii/08/twenty pukul 13:xiii:09)

Itu snggat membantu bagi saya .trima kasih🖤☺️🙏

nugnug

(eighteen/08/20 pukul 18:08:17)

sama-sama

#95


Putri

(xviii/08/xx pukul xi:53:55)

Suatu atom netral memiliki jumlah proton 20 dan neutron 39, maka atom tersebut memiliki jumlah elektron sebanyak

Pintar

(xviii/08/20 pukul 15:58:l)

Kalo untuk cantlet netral, jumlah proton = jumlah neutron, jadi jumlah elektron = xx

Pintar

(18/08/20 pukul 15:59:20)

Jumlah proton = jumlag elektron maksudnya…

#94


Nazila

(18/08/20 pukul eleven:16:46)

Carolan minimal 5 atom Dan tentukan Jinnah proton electron Dan netronx

#93


Nina

(eighteen/08/twenty pukul ten:33:39)

Temukan proton elektron dan neuton dari spesi atom ca,ion ca± ,ion ca–

#92


Kila

(17/08/20 pukul 14:49:37)

58 Ni 27 tentukan nomor massa, nomor atom, jumlah proton, jumlah neutron dan jumlah elektron

Pintar

(xviii/08/20 pukul sixteen:01:51)

Nomor massa = 58, Nomor cantlet = jumlah proton = 27, Jumlah neutron = nomor massa – jumlah proton = 58 – 27 = 31, Jumlah elektron = jumlah proton (karena tidak bermuatan) = 27

#91


Sutinah

(17/08/20 pukul 14:10:41)

Tentukan jumlah Proton elektron dan neutron dari a.ion iii²-

#90


Najwa

(17/08/20 pukul 11:44:11)

Tentukan jumlah netron protin dan elektron dari a.¹ 9A

#89


Khairunisa

(15/08/20 pukul 22:02:04)

Tentukan nomor massa, nomor atom, proton. Electron, neutron

#88


Rendy


(15/08/xx pukul 08:l:10)

Tentukan jumlah proton,elektron dan neutron untuk cantlet”berikut : 14 6 10

Pintar

(16/08/twenty pukul 20:13:55)

Jumlah proton = half dozen, Jumlah elektron = 6 – 0 = 6 (muatannya gak ada), Jumlah neutron = 14 – vi = 8

#87


Listya

(15/08/20 pukul 06:59:18)

Diketqhui beberapa ion dan lambangnya sebagai nerikut A. xvi 8 A+

Pintar

(16/08/20 pukul twenty:eleven:27)

(Soalmu sedikit aneh karna ada “A.” dan “B.” gak ada. Pertanyaannya juga gak ada. Jadi kuanggap pertanyaannya yang umum aja. 🙁) Jumlah proton = 8, Jumlah neutron = 16 – 8 = 8, Jumlah elektron = 8 – 1 = 7.

#86


Baiq Nurul Hikmah


(14/08/twenty pukul 12:26:17)

Tentukan jumlah proton electron dan neutron dari unsur dan ion berkulit 3 5 1 7 CI-

nugnug

(14/08/20 pukul 20:02:xxx)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 17
Nomor massa (A) = 35
muatan = -ane

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17 – (-i)
= 18

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 35 – 17
= 18

#85


Baiq Nurul Hikmah


(14/08/xx pukul 12:16:04)

10

#84


SilfaRahim

(14/08/20 pukul 12:12:01)

Jumlah neutron dari atom 12 per 8 O…

nugnug

(14/08/twenty pukul 20:05:48)


Diketahui

Nomor cantlet (Z) = 8
Nomor massa (A) = 12
muatan = -two

Ditanyakan

Penyelesaian

jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 12 – 8
= 4

#83


SilfaRahim

(xiv/08/xx pukul 11:47:46)

Jumlah neutron dari atom 12 per eight O….

nugnug

(xiv/08/xx pukul 20:30:08)


Diketahui

Nomor cantlet (Z) = viii
Nomor massa (A) = 12
muatan = 0

Ditanyakan

Penyelesaian

jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 12 – eight
= 4

#82


Tenri Ajeng

(14/08/20 pukul 09:34:22)

Thangk You

nugnug

(14/08/20 pukul xx:32:26)

yw

#81


Si ep


(14/08/20 pukul 09:32:37)

Atom X mempunyai massa 35 dan neutron 18,atom Y memiliki Proton dan neutron lebih kecil 2 dari atom X, nomor massa atom Y adalah

Pintar

(16/08/xx pukul nineteen:50:01)

Atom Ten: Neutron=xviii Proton=35-18=17 Cantlet Y: Neutron=18-ii=xvi Proton=17-2=xv

Pintar

(sixteen/08/20 pukul 19:51:33)

Massa atom = Proton + Neutron = sixteen + 15 = 31

nugnug

(18/08/xx pukul 17:52:57)

siip @Pintar

#eighty


Nana

(14/08/20 pukul 07:58:48)

Tentukan notasi cantlet (AZ X). Proton=16, neutron=sixteen, elektron=16

nugnug

(14/08/xx pukul xx:38:06)


Diketahui

jumlah proton = sixteen
jumlah elektron = 16
jumlah neutron = xvi

Ditanyakan

Penyelesaian

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 16

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 16 + 16
= 32

Notasi atom:

#79


Dea Dara

(14/08/20 pukul 07:55:53)

Tentukan jumlah proton, elekron, dan neutron dari atom dibawah, sekaligus caranya A. eleven Na²³ B. 7 N¹⁴ C. 53 I¹²⁴

nugnug

(18/08/20 pukul 17:l:58)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 11
Nomor massa (A) = 23
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= xi

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 11 – 0
= xi

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 23 – 11
= 12

Diketahui

Nomor atom (Z) = seven
Nomor massa (A) = xiv
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 7

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 7 – (0)
= seven

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= xiv – seven
= 7

Diketahui

Nomor cantlet (Z) = 53
Nomor massa (A) = 127
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 53

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 53 – (0)
= 53

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 127 – 53
= 74

#78


M aldo

(13/08/xx pukul 14:21:28)

Suatu partikel Ten memiliki nomor atom 19 dan eighteen elektron Particle tersebut dapat dikategorikan sebagai

Pintar

(sixteen/08/20 pukul 19:56:25)

(Di soalmu jangan pake partikel, pake aja unsur) Unsur dengan nomor cantlet 19 dan muatan +1 adalah potassium (K). Cek google aja dapat sih…

nugnug

(18/08/20 pukul 16:00:26)

Karena jumlah elektron tidak sama dengan nomor atom, maka partikel tersebut merupakan ion Karena jumlah elektron lebih kecil dibanding nomor atom, maka partikel tersebut bermuatan positif

#77


khairu azizah.sw

(13/08/xx pukul 11:47:27)

Berapa nomor atom dan nomor massa unsur-unsur berikut!serta tuliskan lambangnya. UNSUR JUMLAH PROTON X 7 JUMLAH ELEKTRON 7 JUMLAH NEUTRON 7 HASILNYA ADALAH….

nugnug

(14/08/20 pukul xx:39:39)


Diketahui

jumlah proton = 7
jumlah elektron = 7
jumlah neutron = 7

Ditanyakan

Penyelesaian

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 7

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= vii + 7
= 14

Notasi atom:

Pintar

(sixteen/08/xx pukul 19:59:26)

Mana unsurnya….. Nitrogen. Cari google dapat tuh…

#76


Nova karisma

(13/08/20 pukul 11:14:59)

Tentukan jumlah elektron proton dan neutron didalam atom 16 S² 32

nugnug

(14/08/20 pukul 20:46:27)

Diketahui

Nomor cantlet (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
muatan = – 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 16

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 16 – (- ii)
= xviii

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 32 – 16
= 16

#75


Nova karisma

(13/08/20 pukul 11:thirteen:54)

Tentukan jumlah elektron, proton, dan neutron didalam cantlet xvi 33 S²

nugnug

(14/08/twenty pukul 20:49:33)

Diketahui

Nomor atom (Z) = xvi
Nomor massa (A) = 32
muatan = – 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 16

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= sixteen – (- 2)
= 18

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 33 – 16
= 17

#74


Rohima juni wanti

(13/08/20 pukul 08:08:32)

Tentukan jumlah proton,elektron dan neutron dalam atom berikut! Cu(z=29) tolong yh kx

nugnug

(thirteen/08/xx pukul 18:21:21)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 29
Nomor massa (A) = 64
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 29

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 29 – (0)
= 29

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 64 – 29
= 35

#73


Karina

(12/08/20 pukul 12:46:24)

Tentukan jumlah proton,elektron,dan neutron pada ion fe^3+(nomor cantlet atomic number 26 26) dan O^2-(nomor atom O8)

nugnug

(13/08/20 pukul 18:40:38)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 26
Nomor massa (A) = 56
muatan = + 3

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 26

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 26 – (+ 3)
= 23

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 56 – 26
= 30

Diketahui

Nomor atom (Z) = 8
Nomor massa (A) = sixteen
muatan = -2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 8

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= viii – (-ii)
= 10

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 16 – 8
= eight

#72


Novita

(12/08/xx pukul 12:28:22)

Tuliskan lambang atom dari data partikel berikut! A). Cantlet ten dengan 35 proton, 35elektron, dan 45 neutron. B). Cantlet y dengan 18 proton, 18 elektron, dan 22 neutron

nugnug

(13/08/20 pukul xviii:48:17)

dan

Cara menentukan nomor atom dan nomor massa

Nomor atom (Z) = jumlah proton
Nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
muatan = jumlah proton – jumlah elektron

#71


Amelia

(12/08/20 pukul 12:17:05)

Jika no.massa 40, proton 19, maka jumlah no.cantlet,elektron dan neutron adalah

nugnug

(13/08/xx pukul xviii:54:21)

Diketahui

jumlah proton = nineteen
nomor massa (A) = 40
muatan = 0
(karena tidak disebutkan dalam soal)

Ditanyakan

a) nomor atom (Z) = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) nomor atom (Z) = jumlah proton
= 19

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 19 – (0)
= 19

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= xl – 19
= 21

#70


Ailma


(12/08/20 pukul 09:03:fifty)

Tentukan jumlah Proton,elektron dan neutron dr ion A.na+ B.o²-

Ailma

(12/08/twenty pukul 09:04:31)

Cepat ya mau di kumpulkan

nugnug

(13/08/xx pukul 19:04:07)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 11
Nomor massa (A) = 23
muatan = + 1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 11

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 11 – (+one)
= 10

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 23 – eleven
= 12

Diketahui

Nomor atom (Z) = eight
Nomor massa (A) = xvi
muatan = -ii

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= eight

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 8 – (-2)
= ten

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 16 – 8
= 8

#69


Nana

(12/08/20 pukul 08:29:51)

Tentukan jumlah proton, elektron dan neutron cantlet berikut 48 25 Mn

nugnug

(fourteen/08/20 pukul xix:02:thirty)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 25
Nomor massa (A) = 48
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 25

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 25 – (0)
= 25

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 48 – 25
= 23

#68


Caca

(eleven/08/20 pukul 12:50:47)

Sebuah atom memiliki four elektron dan 5proton, tentukan lah muatan elektron dan proton nya

nugnug

(xiv/08/20 pukul 19:10:24)

Diketahui

jumlah proton = v
jumlah elektron = 4

Ditanyakan

Penyelesaian

muatan cantlet = jumlah proton – jumlah elektron
= 5 – 4
= + one

#67


Faiz Rangga

(11/08/xx pukul 12:45:01)

Konfigurasi elektron untuk unsur dengan nomor massa 56 dan jumlah neutron 24 adalah

nugnug

(fourteen/08/20 pukul 19:34:29)

Diketahui

nomor massa = 56
jumlah neutron = 24
muatan = 0
(karena tidak disebutkan dalam soal)

Ditanyakan

konfigurasi elektron = …?

Penyelesaian

jumlah proton = nomor massa – jumlah neutron
= 56 – 24
= 32

jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 32 – 0
= 32
Konfigurasi elektron:
32X : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p2

#66


Lisa Fitriyanti

(11/08/twenty pukul 12:25:29)

Tentukan jumlah proton dan elektron dari: A. IonMg ²+ jika no atomnya 12 no massa 24

Lisa Fitriyanti

(11/08/20 pukul 12:26:18)

Cpt sedikit bisa nggak kak

nugnug

(fourteen/08/20 pukul xix:37:26)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 12
Nomor massa (A) = 24
muatan = + ii

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= 12

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 12 – (+2)
= x

#65


Lisa Fitriyanti

(xi/08/20 pukul 12:07:58)

Tentukan jumlah proton dan elektron dari: A. IonMg ²+ jika no atomnya 12 no massa 24 B. Ion Cl- jika no atomnya 17 no massanya 35

nugnug

(14/08/20 pukul xix:39:01)


Diketahui

Nomor cantlet (Z) = 17
Nomor massa (A) = 35
muatan = -one

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17 – (-1)
= 18

#64


Chiliad Ridho Alfizzri

(10/08/20 pukul 13:18:29)

Saya mau bertanya Berikan penjelasan mengenai perbedaan antara atom netral, atom positif dan atom negatif!

Grand Ridho Alfizzri

(ten/08/20 pukul 13:20:22)

Bisa cepat ngga sih soalku ini mau dikumpul, kalau lama tugasku terlambat

nugnug

(10/08/xx pukul 21:46:52)

maaf, gak bisa cepat

nugnug

(x/08/20 pukul 21:47:52)

  • atom netral, elektronnya masih lengkap
  • cantlet positif, elektronnya sudah berkurang
  • cantlet netral, elektronnya sudah bertambah

#63


ichsan

(10/08/20 pukul 11:00:12)

tentukan jumlah prroton ,elektron dan neutron dari 35 7 CI- dan 32 half dozen south dan 27 13 Al3+

nugnug

(x/08/20 pukul 22:06:04)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 17
Nomor massa (A) = 35
muatan = -one

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17 – (-i)
= 18

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 35 – 17
= 18

Diketahui

Nomor atom (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 16

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 16 – (0)
= 16

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 32 – 16
= xvi

Diketahui

Nomor cantlet (Z) = 13
Nomor massa (A) = 27
muatan = + 3

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= 13

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 13 – (+ 3)
= 10

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 27 – 13
= fourteen

#62


Rabiatul adawiyah

(x/08/20 pukul x:22:00)

xvi A+ viii

nugnug

(10/08/xx pukul 21:39:31)

itu lambang unsur atau titi azimuth ya?

#61


Dann

(ten/08/20 pukul 08:42:14)

Tentukan jumlah proton, elektron, dan neutron dari xiv N 17

nugnug

(10/08/20 pukul 21:38:46)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 7
Nomor massa (A) = 14
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= 7

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= vii – (0)
= vii

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor cantlet (Z)
= 14 – 7
= seven

#60


Cinta

(10/08/20 pukul 08:29:48)

Jika atom A mempunyai jumlah proton v sedangkan massa atomnya 11. Berapakah jumlah neutron dari atom A tersebut

nugnug

(10/08/20 pukul 22:01:47)

Jumlah neutron = nomor massa (A) – jumlah neutron
= 11 – 5
= 6

#59


alyionnita

(10/08/xx pukul 07:29:50)

tentukan jumlah proton, neutron,dan elektron 35 CL 17

nugnug

(10/08/twenty pukul 21:29:06)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 17
Nomor massa (A) = 35
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17 – (0)
= 17

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 35 – 17
= eighteen

#58


Hasiholan nababan

(08/08/xx pukul 19:29:41)

Jumlah Proton neutron dan elektron dari 12S16

nugnug

(10/08/twenty pukul 21:xxx:58)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 16

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 16 – (0)
= 16

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 32 – 16
= 16

#57


Citra

(08/08/20 pukul sixteen:25:48)

Tentukan nomor atom dan nomor massa unsur-unsur berikut: A. Unsur A dengan jumlah proton 18 dan jumlah neutron 22. B. Unsur B dengan jumlah proton 26 dan jumlah neutron 30. C. Unsur C dengan jumlah proton 32 dan neutron 41

nugnug

(10/08/20 pukul 21:58:59)

Cara menentukan nomor atom dan nomor massa

Nomor atom (Z) = jumlah proton
Nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron

A

Nomor cantlet (Z) = eighteen
Nomor massa (A) = twoscore

B

Nomor cantlet (Z) = 26
Nomor massa (A) = 56

C

Nomor atom (Z) = 32
Nomor massa (A) = 73

#56


Nur Azizah

(08/08/20 pukul xiii:59:twenty)

Tdk

#55


Afdalia

(08/08/twenty pukul xiii:04:xiv)

Jika suatu atom memiliki nomor atom 23 dan massa atom 67 tentukan jumlah proton neutron elektron

nugnug

(08/08/xx pukul 13:27:22)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 23
Nomor massa (A) = 67
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 23

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 23-(0)
= 23

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 67-23
= 44

#54


RIa safitri

(08/08/twenty pukul 11:41:07)

Tentukan jumlah proton elektron dan netron pada cantlet berikut. A. 17 o viii B. 85 Rb 37

nugnug

(08/08/20 pukul 13:30:51)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 8
Nomor massa (A) = 17
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= 8

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= viii – (0)
= viii

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 17 – 8
= nine

Diketahui

Nomor atom (Z) = 37
Nomor massa (A) = 85
muatan = 0

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 37

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 37 – (0)
= 37

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 85 – 37
= 48

#53


Maisya putri Nabila

(08/08/20 pukul ten:48:35)

Buk klw muatan itu kyk mna

nugnug

(08/08/20 pukul 13:eighteen:48)

Contoh:

Lambang ion Keterangan
He muatan = 0
Na+ muatan = + one
Mg2+ muatan = + ii
Ca++ muatan = + 2
Al3+ muatan = + three
N3- muatan = – 3
O= muatan = – 2
S2- muatan = – 2
F- muatan = – 1
Zn muatan = 0

#52


Dinda

(08/08/20 pukul 01:58:24)

Berapa jumlah Proton,elektron dan neutron dari unsur berikut? 35 CI– 17

nugnug

(08/08/20 pukul 13:25:55)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 17
Nomor massa (A) = 35
muatan = – 1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor cantlet (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17-(-1)
= 18

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 35-17
= 18

#51


Nabiila


(07/08/xx pukul 07:39:28)

Tentukan neutron jika no mass a lebih besar dari no cantlet ch 19 K 39

nugnug

(07/08/xx pukul 18:09:54)

maksudnya angka yang besar adalah nomor massa (39) angka yang kecil adalah nomor cantlet (19)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 19
Nomor massa (A) = 39

Ditanyakan

Penyelesaian

Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 39-19
= 20

Tasya


(11/08/20 pukul 08:06:21)

Kk nugnug ini yakin jawaban nya benar

nugnug

(xi/08/20 pukul 09:42:09)

iya

#50


Putri

(06/08/20 pukul 22:16:30)

Tentukan Jumlah proton, elektron, dan neutron dari spesies cantlet berikut 32S²-sixteen

nugnug

(07/08/20 pukul 17:50:39)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
muatan = – 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) Menentukan jumlah proton
jumlah proton = nomor atom (Z)
= xvi

b) Menentukan jumlah elektron
jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= sixteen – (-2)
= 18

c) Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 32-sixteen
= sixteen

#49


Pras

(06/08/20 pukul 19:30:12)

eighteen P 45= brp???

#48


Tika

(05/08/20 pukul 19:13:eleven)

17 0 brp y? 8

#47


Nurlisa anggria

(05/08/20 pukul eighteen:24:30)

Berpa massa atom dan jumlah elektron suatu cantlet dgn jumlah proton 13 dan jumlah neutron fourteen?

KIRANI

(07/08/xx pukul 14:19:20)

Massa = 27 Elektron = 13 ( bila itu atom netral

#46


Selvi zialianti

(05/08/20 pukul 11:22:09)

Berapa jumlah proton,neutron dan elektron dari 1632 ²-

nugnug

(07/08/20 pukul 17:41:47)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
muatan = – 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) Menentukan jumlah proton
jumlah proton = nomor atom (Z)
= 16

b) Menentukan jumlah elektron
jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= sixteen – (-2)
= 18

c) Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 32-16
= 16

#45


Retti Permatasari

(05/08/20 pukul 08:40:xviii)

23 ²+ Mg 12 Tentukan A) jumlah proton B) jumlah elektron C) jumlah neutron

nugnug

(07/08/xx pukul 17:38:51)


Diketahui

Nomor atom (Z) = 12
Nomor massa (A) = 23
muatan = + 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) Menentukan jumlah proton
jumlah proton = nomor atom (Z)
= 12

b) Menentukan jumlah elektron
jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 12 – (+2)
= 10

c) Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 23-12
= 11

#44


Diah ayu

(01/08/twenty pukul 14:36:33)

Cantlet Ni mempunyai jumlah proton dan elektron sebesar 28. Sementara jumlah neutron 30. Tentukan nomor atom dan nomor massa nya…!!

nugnug

(04/08/xx pukul 23:37:36)

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 28

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 28 + 30
= 58

#43


Nina

(29/07/20 pukul 21:49:45)

ion A memiliki neutron 12 dan memiliki muatan-ii sehingga memiliki jumblah elektron xx.tuliskanlah lambang ion A tersebut..

nugnug

(04/08/xx pukul 23:23:36)

Diketahui atom A:

jumlah neutron = 12
jumlah elektron = 20
muatan = – 2

Ditanyakan:

Notasi atom A = ….?

Jawab:

jumlah elektron = jumlah proton – muatan
berarti:
jumlah proton = jumlah elektron + muatan
= 20 + (-2)
= eighteen

nomor cantlet (Z) = jumlah proton
= 18

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 18 + 12
= xxx

notasi atom A:

#42


Isykarima

(29/07/20 pukul x:22:14)

Bermanfaat sekalee

nugnug

(04/08/20 pukul 23:06:48)

oke

#41


Adi

(29/07/20 pukul 08:33:15)

Atom Ni mempunyai jumlah proton dan elektron sebesar 28.sementara jumlah neutron atom tersebut sebanyak 30.tentukan no atom dan no massa dari unsur tersebut?

Nita


(29/07/20 pukul 08:51:17)

Jawabannya mna

nugnug

(04/08/20 pukul 23:06:34)

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 28

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 28 + xxx
= 58

#40


Anita

(28/07/20 pukul 08:55:09)

Sebuah atom memiliki 16proton, 4 netron, 12 elektron. Cantlet tersebut bermuatan?

nugnug

(28/07/20 pukul 19:43:42)

Karena jumlah protonnya = xvi, berarti nomor atomnya (Z) = 16. Karena jumlah elektron = Z – muatan, maka: muatan = Z – jumlah elektron

muatan = Z – jumlah elektron
= 16 – 12
= iv

Jawaban:

muatan cantlet tersebut =
+ 4

#39


Anti Apriani

(19/07/xx pukul 16:55:23)

Sebutkan jumlah elektron proton dan neutron pada Gambar atok netra

#38


Mulya

(19/07/20 pukul 13:xvi:21)

Apa tidak ada pembahasan tentang mencari Proton dan elektron dari ion bermuatan yang belum diketahui no massa dan no atomnya ?

nugnug

(23/07/20 pukul 18:50:12)

o, iya. Belum ada di lagonlon

#37


Lulu

(14/07/20 pukul 12:03:13)

Sebutkan jumlah elektron,proton dan neutran pada gambar atom netra berikut

#36


Kaysia amanda

(18/06/twenty pukul 08:09:02)

Jumlah proton,neutron,dan elektron dari atom 32Ge75 adalah…………

nugnug

(23/07/20 pukul xix:07:11)

nomor cantlet (Z) = 32
nomor massa (A) = 75
muatan = 0 (karena tidak ada tanda positif maupun negatif)

Ditanyakan:
Jumlah Proton = …? Jumlah neutron = …? Jumlah elektron = …?

Penyelesaian:

Jumlah Proton = Nomor atom (Z)
= 32

Jumlah Neutron = Z – A
= 75 – 32
= 43

Jumlah Elektron = Z – muatan
= 32 – 0
= 32

#35


Triyanti

(09/06/20 pukul 13:09:34)

tentukan jumlah proton,elektron dan neutron unsur berikut:*103 45RH

nugnug

(xiii/06/twenty pukul 13:37:47)


Diketahui:

Nomor atom (Z) = 45 (angka kecil)
Nomor massa (A) = 103 (angka besar)
muatan = 0 (tidak ada muatan + atau -)

Ditanyakan:

Jumlah proton = …?
Jumlah neutron = …?
Jumlah elektron = …?

Jawab:

Jumlah proton = Z
= 45
Jumlah neutron = A – Z
= 103 – 45
= 58
Jumlah elektron = Z – muatan
= 45 – 0
= 45

#34


Najwa

(09/06/xx pukul 07:06:15)

Sangat jelas dan mudah dipahami

nugnug

(xiii/06/20 pukul 12:53:08)

siip

#33


Faliza

(12/04/twenty pukul thirteen:41:43)

Tentukan jumlah Proton, electron dan neuton dari atom atom berikut ini A.56 26 FE

nugnug

(12/04/20 pukul xvi:26:46)

Diketahui:
nomor atom (Z) = 26
nomor massa (A) = 56
muatan = 0
Jawaban:
Jumlah proton = Z
= 26
Jumlah elektron = Z – muatan
= 26 – 0
= 0
Jumlah neutron = A – Z
= 56 – 26
= thirty

#32


aisyah

(26/03/20 pukul 16:twoscore:10)

kurang lengkap

#31


Nurul fadillah


(12/12/19 pukul 18:23:10)

Ch 5 soal tentang menemukan jumlah proton ,elektron dan neutron

Anying

(26/02/xx pukul 14:47:35)

Oke siap

#thirty


Alfira Yuniar

(13/x/19 pukul 18:50:46)

Tentukan jumlah proton dan Jumlah elektron pada Atom…

#29


Leony putri

(04/10/19 pukul 05:13:38)

Apakah jumlah neutron tidak pernah sama dengan neutron? Apakah cantlet terdiri atas inti atom yang bermuatan negatif dan elektron bermuatan positif?

nugnug

(06/10/19 pukul 20:51:17)

Proton bermuatan positif

#28


Ramadani

(04/10/19 pukul 05:06:31)

Sangat jelas dab rinci

#27


Sri wahyuni

(29/09/nineteen pukul xviii:01:28)

tuliskan nomor atom netral yang memiliki jumlah elektron ten,fifteen ,dan 20!

nugnug

(06/ten/19 pukul 20:43:l)

Untuk atom netral: Jumlah elektron = jumlah proton (muatan positif dan negatif sama/seimbang) Karena nomor cantlet = jumlah proton, maka jawabannya:

Nomor cantlet = 10, 15 dan xx

#26


ruvia ayana

(08/09/xix pukul 12:xix:xi)

Cantlet yg bermuatan (+ii) memiliki jumlah proton sebanyak 13 dan neutron sebanyak 20 tentukan nomor massanya!!! Tolongin gw dong soal gw sm kyk arin!!!!

nugnug

(08/09/19 pukul 12:54:18)

Dik. muatan = + two
Jumlah proton = 13
Jumlah neutron = xx
Dit. nomor massa = …?
Jwb. nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron
= thirteen + 20
=
33

#25


arinda dewi

(08/09/nineteen pukul 12:17:00)

Sebuah atom memiliki jumlah ptoton 15 dan memiliki jumlah elektron xiv tentukan muatan dari atom trrsebut!!! Plisss banti dongggg

nugnug

(08/09/xix pukul 12:49:54)

Dik. Jumlah proton = 15
Jumlah elektron = 14
Dit. muatan = …?
Jwb. muatan = jumlah proton – jumlah elektron
= 15 – fourteen
=
+ ane

#24


Dwi Nurwulan

(04/09/19 pukul 17:29:01)

Suatu atom memiliki proton sebanyak 5. Banyaknya elektron di dalam suatu inti atom tersebut adalah

nugnug

(08/09/xix pukul xiii:00:17)

Di inti atom tidak ada elektron. Elektron berada di kulit atom (mengelilingi inti atom). Karena tidak disebutkan, maka muatan dianggap = 0.

Jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 5 – 0
=
five

#23


Habiba

(02/09/19 pukul 22:xxx:25)

Minta bantuan

#21


YOLA

(fourteen/08/19 pukul 14:21:10)

Kurang jelass

Shahnaz

(14/08/nineteen pukul fourteen:22:50)

Amazaci

#20


Nia

(17/08/xviii pukul xx:03:16)

Kimia

#19


hannan

(09/xi/17 pukul 20:43:xv)

Alhamdulillah…semoga berkah buat kreator Lagonlon

nugnug

(13/11/17 pukul 18:52:36)

Amiin…, terimakasih

#18


Wiwik Anggraini

(09/07/17 pukul 23:15:04)

Ca Z:xx A:40,08 Jadi neutronnya berapa?

nugnug

(10/07/17 pukul 13:27:04)

Atom Ca
Sehingga:

Jumlah neutron = A – Z
= 40 – twenty
= 20

#17


Bobby galaticos

(21/03/17 pukul 23:54:49)

Thanks info nya sngt mmbntu

nugnug

(27/03/17 pukul 16:56:04)

sama sama

#xvi


Multi

(11/03/16 pukul 19:56:19)

makasih yassh..

nugnug

(20/03/sixteen pukul twenty:41:03)

sama sama

Dolisa

(24/09/19 pukul 05:08:04)

Tolong kirim kesaya

fandi

(10/06/20 pukul 00:48:17)

berapa jumlah proton dan nuestron

#15


andy

(09/10/fifteen pukul 21:27:59)

tolong fong kasih tau tutorial mengerjakan kelimpahan isotop

andy

(09/10/15 pukul 21:29:37)

tolong dikirimke → thanks

nugnug

(12/10/fifteen pukul 23:00:42)

waduh.. maaf.. tidak bisa segera. untuk membuat satu tutorial butuh waktu lumayan lama..

Wanty nahak

(28/10/fifteen pukul 12:05:46)

Mkci bngat krna sngat mmbntu cya dlam mngerjakan tgas dan tolng di perjlaskanx lebih ditail lgi mkci,,,,

nugnug

(28/10/15 pukul xx:forty:xl)

ockze..

#fourteen


Mario

(28/09/fifteen pukul eighteen:43:08)

Yg ch soal nomer two salah di bagian elektronnya

nugnug

(12/10/15 pukul 22:58:40)

sepertinya sudah tepat. jangan lupa muatannya -2

#13


yuni

(18/09/xv pukul 19:36:06)

dari mana dia dapat 1

nugnug

(20/09/15 pukul 22:44:14)

Dihitung jumlah tanda posyif (+) atau negatifnya (-)

#12


umdatul

(15/09/15 pukul 11:18:41)

mantapppppp

nugnug

(20/09/15 pukul 22:52:21)

thanks

#eleven


aini

(15/09/15 pukul 11:12:45)

kurang lengkapppppp

nugnug

(20/09/15 pukul 22:53:02)

iya ya. he he..

#x


sylviana

(13/09/15 pukul xvi:55:38)

aku pusing sma kimia

nugnug

(20/09/15 pukul 22:54:08)

pelan pelan.. pahami sedikit demi sedikit.. lama lama jadi bukit

#9


putri agustina karok

(01/09/fifteen pukul 19:11:25)

Keren thank y’all banget baaget sangat membantu

nugnug

(twenty/09/15 pukul 22:44:l)

siip

#8


yulius lou mada

(31/08/xv pukul 06:26:16)

Aku sangat senang. Beljr kimia

nugnug

(20/09/15 pukul 22:56:28)

lanjutkan yulius..

#vii


Lasarwani

(30/08/15 pukul 12:01:37)

Aku sangat senang bisa mengetahuinya

nugnug

(20/09/xv pukul 22:57:00)

ok lasarwani

#vi


intan

(27/08/15 pukul 15:fifteen:43)

Mmbantu bangett.. thank you ya..

nugnug

(20/09/15 pukul 22:57:21)

siip

#five


sastra

(23/08/fifteen pukul 21:53:24)

thanks ya guys buat penyelesaiannya

nugnug

(20/09/fifteen pukul 22:57:54)

yw sastra

#iv


Hasan

(03/08/15 pukul nineteen:20:35)

Soal-soal ini mudah untuk di pahami

nugnug

(20/09/15 pukul 23:00:59)

kita memang mulai dari yang mudah. biar paham dulu

#3


Reehansyah

(28/07/15 pukul 20:04:xi)

Rumus mencari proton,elektron,dan neutron tolong dijabarkan

nugnug

(twenty/09/fifteen pukul 23:02:18)

sudah ada. tapi dalam bentuk kata kata. pakai simbol kali ya?

#2


nurul

(16/04/15 pukul 20:39:57)

Terus cara dapat jp, je dan jn gimana?

nugnug

(21/09/15 pukul 00:36:21)

sudah ada caranya

#1


Rizky

(x/03/15 pukul 11:40:43)

28Ni61 berapa jumlah proton, elektron, dan neutron nya

nugnug

(ten/03/15 pukul 17:xviii:54)

Jp 28, je 28, jn 33

Jumlah Proton Yang Terdapat Dalam Atom Kalsium Adalah

Source: https://idkuu.com/kalsium-mempunyai-nomor-atom-20-dan-nomor-massa-40-berapakah-jumlah-neutron-yang-terdapat-dalam-atom-kalsium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.