Contoh Glb Dan Glbb Dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh Glb Dan Glbb Dalam Kehidupan Sehari Hari

KAMIS/xvi JULI 2020 KELAS 8A

KD 3.1 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum  Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk
hidup.



CATATAN: Pahamilah materi di bawah ini!

Benda dikatakan bergerak bila terjadi perpindahan tempat benda tersebut.

gerak adalah perpindahan yang disebabkan oleh gaya, karena tanpa gaya sebuah benda tidak akan bergerak. Benda dapat bergerak dengan berbagai cara, di antaranya menggelinding, memutar, mengalir, dan memantul. Benda dapat bergerak cepat atau lambat.

ane. Macam gerak menurut lintasannya:

      a.    Gerak lurus, yaitu gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus.

                   1. Gerak kelereng di atas lantai

                   3. Pensil bergerak menyusuri penggaris

                   4. Gerak kereta api saat meninggalkan stasiun.

            b. Gerak parabola, yaitu gerak yang lintasannya berupa garis lengkung

                 1.  Gerak batu yang dilempar miring ke atas

                 2.  Gerak bola yang melambung

                 3.  Gerak peluru pada tolak peluru.

           c. Gerak melingkar, yaitu gerak yang limtasannya berupa garis lingkaran.

Contoh:


              i. Gerak jarum jam

              2. Gerak baling-baling pada kipas angin

              3. Gerak ban mobil, saat berjalan.


2. Macam gerak berdasarkan keadaannya

           a. Gerak sesungguhnya, misalnya mobil bergerak meninggalkan final.

           b.  Gerak semu, yaitu gerak benda yang tidak sebenarnya.

–             1  gerak matahari dari timur ke barat

              2
tiang-tiang listrik yang kelihatan bergerak, bila diamati dari dalam mobil yang sedang melaju

       Benda yang bergerak memiliki kecepatan. Kecepatan
adalah jarak perpindahan dibagi waktu tempuhnya.


     Kecepatan dapat juga diartikan kelajuan yang mempunyai arah.

Angka yang ditunjuk oleh jarum
Speedometer, sebenarnya adalah besarnya kelajuan

GERAK LURUS BERATURAN [GLB]

Gerak lurus beraturan [GLB] adalah gerak lurus suatu objek, di mana dalam gerak ini kecepatannya tetap. Disebabkan oleh tidak adanya percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu

Gerak lurus berubah beraturan [GLBB] adalah pergerakan objek di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap.



Percepatan dalam GLBB dapat berlaku dalam gerak vertikal maupun horisontal yang akan dipengaruhi oleh gravitasi bumi





GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN [ GLBB ]

Suatu benda dikatakan bergerak lurus berubah beraturan, jika lintasannya lurus dan kecepatannya berubah secara teratur.


            1.



Gerak lurus diperlambat beraturan

  1. Gerak lurus dipercepat beraturan

Hal ini terjadi jika kecepatan benda yang bergerak bertambah secara beraturan.

Contoh : – Benda yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu [Gerak Jatuh Bebas]

               – Gerak kelereng saat menuruni bidang miring.


                                Vt = kecepatan selama t sekon [ chiliad/due south ]

                                Vo= kecepatan awal [ m/s ]

                                 t  = waktu tempuh [ sekon ]

                                St = jarak yang ditempuh selama t sekon [ meter ].

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Lihat Foto

Ilustrasi gerak lurus benda


KOMPAS.com
– Gerak linear atau gerak lurus dalam ilmu fisika dibedakan menjadi dua, yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

Contoh aplikasi gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus beraturan (GLBB) dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Dilansir dari Encyclopedia Britannica , gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu benda dalam satu dimensi spasial dengan kecepatan yang tetap.

Artinya, dalam GLB benda bergerak dengan kecepatan konstan tanpa dipercepat ataupun diperlambat.

Berikut ini adalah contoh gerak lurus beraturan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Gerak bulan yang mengitari bumi.
  2. Mobil yang melaju dalam kecepatan tetap.
  3. Kereta yang melaju dalam kecepatan tetap.
  4. Kapal laut yang berlayar dalam kecepatan tetap.
  5. Gerak planet yang mengitari matahari di tata surya.
  6. Pesawat komersil yang terbang dalam kecepatan tetap di udara.

Baca juga: Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Mengutip dari Physics LibreTexts , gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak linear yang dipercepat dengan laju yang konstan. Artinya dalam GLBB, benda memiliki percepatan sehingga kecepatannya tidak konstan.

Berikut adalah contoh gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Bola yang dilempar ke atas.
  • Apel yang jatuh dari pohonnya.
  • Menendang bola secara horizontal.
  • Kendaraan yang mempercepat lajunya.
  • Menghentikan bola yang menggelinding.
  • Orang yang meluncur di atas papan salju.
  • Berkendara di jalanan yang menanjak atau menukik.
  • Orang yang melakukan bungy jumping dan terjun payung.
  • Kendaraan yang memperlambat lajunya dengan mengerem.
  • Benda yang jatuh di bidang miring (seperti seorang anak yang meluncur di perosotan).

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Ternyata, nggak cuma makhluk hidup aja loh yang bisa gerak, benda juga bisa bergerak. Nah, artikel Fisika kelas 8 ini akan menjelaskan macam-macam gerak pada benda beserta contohnya.

“Taaa, kangen main ke pasar malam, deh. Waktu itu aku naik bianglala di sana. Seru banget! Bisa liat keindahan kota. Belum lagi, banyak motor dan mobil yang berlalu lalang di jembatan lurus dekat sekolah itu, lohhh!”, ujar Andin ke Tata melalui video phone call.

“Aku juga pernah, ndin. Asli, bener-bener seru banget!”, balas Tata dengan semangat.

“Hhh… pengen cepet-cepet pandemi kelar, biar bisa principal lagi, deh.” raut wajah Andin nampak sangat sedih.

Melihat temannya yang sedih, Tata pun mencoba menghiburnya. “Eh ndin, tau nggak, ternyata bianglala itu ada hubungannya dengan fisika, loh!”

“Hah, seriusan?”, tanya Andin penasaran.

“Ho’oh, bianglala itu termasuk ke dalam salah satu jenis gerak benda, yaitu gerak melingkar”, jelas Tata.

Nah, bener banget nih yang dikatakan Tata. Jadi, bianglala itu termasuk salah satu jenis gerak benda, yaitu gerak melingkar. Eits! Tapi, kamu sudah pada tau belum, gerak benda itu apa, sih?

Pengertian Gerak Benda

Gerak benda adalah perubahan kedudukan suatu benda dari posisi awal ke posisi akhir. Dengan kata lain, sebuah benda bergerak jika posisinya berubah. Wah, ternyata, nggak cuma makhluk hidup saja ya yang bisa bergerak, benda mati juga bergerak. Salah satu contohnya ya bianglala tadi.

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Contoh gerak benda
yang lain, di antaranya kendaraan yang berjalan, seperti motor, mobil, sepeda, kereta, pesawat, bola yang dilemparkan ke gawang, buah yang jatuh dari pohonnya, dan masih banyak lagi.

“Terus, gerak melingkar itu apa, ya? Kenapa bianglala termasuk ke dalam jenis gerak melingkar?”

Oke, jadi,
gerak pada benda itu terbagi menjadi tiga macam, yaitu berdasarkan bentuk lintasannya, acuan pengamatannya, dan sifat kecepatannya. Nah, biar kamu paham, yuk, kita bahas satu persatu!

Baca Juga: Macam-Macam Gerak pada Hewan dan Tumbuhan

Gerak Benda Berdasarkan Bentuk Lintasan

Berdasarkan bentuk lintasannya, gerak benda dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Gerak Lurus

Gerak lurus merupakan jenis gerak benda yang

terjadi pada lintasan lurus
.
Contoh gerak lurus, antara lain mobil yang bergerak maju, buah apel yang jatuh dari pohonnya, kereta api yang melaju pada rel yang lurus, dan semua objek yang bergerak pada lintasan lurus.

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Mobil yang bergerak maju dengan lintasan lurus (Sumber: tenor.com)

two. Gerak Melingkar

Nah, kalau gerak melingkar adalah gerak benda yang

terjadi pada lintasan melingkar

mengelilingi suatu titik tetap (sumbu putar). Dalam gerak melingkar, jarak benda dengan pusat putaran akan selalu tetap, tetapi posisi benda terhadap pusat lingkaran berubah.


Contoh gerak melingkar, yaitu gerakan jarum jam analog, bianglala, bumi yang berotasi, roda kendaraan, baling-baling pesawat, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan besar kecepatan sudutnya, gerak melingkar dibedakan menjadi dua, yaitu Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB). Ini dia perbedaannya!

a. Gerak Melingkar Beraturan (GMB)

Merupakan gerak suatu benda yang lintasannya berupa lingkaran dengan kecepatan sudut yang tetap dan percepatannya nol.

b. Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)

Merupakan gerak suatu benda yang lintasannya berupa lingkaran dengan kecepatan sudut yang berubah-ubah secara beraturan.

Sebelum lanjut, coba kerjakan kuis ini dulu yuk!

iii. Gerak Parabola


Gerak parabola dikenal juga dengan gerak peluru, merupakan gerak benda yang

terjadi
pada lintasan berbentuk parabola atau melengkung

.
Contoh gerak peluru,


di antaranya gerak

bola yang melambung ketika ditendang atau dilemparkan ke atas

.

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Melempar bola handbasket ke dalam band membentuk gerak parabola (Sumber: tenor.com)

Gerak Benda Berdasarkan Acuan Pengamatan

Berdasarkan acuan pengamatannya, gerak benda dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Gerak Semu

Gerak semu adalah macam gerak benda yang

sifatnya seolah-olah kita sedang melihat benda lain bergerak (ilusi)
.
Contoh gerak semu, di antaranya

ketika kita sedang melihat pemandangan dari dalam mobil yang bergerak. Di mobil, kita seakan-akan melihat rumah, pohon, dan benda-benda di luar yang bergerak. Padahal sebenarnya, mobil yang kita kendarai lah yang bergerak.

Contoh lainnya, kita melihat matahari dan benda-benda langit seakan bergerak mengitari bumi. Padahal, Bumi yang berputar pada porosnya dan mengelilingi matahari.

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Contoh gerak semu (Sumber: Ucia Mahya Dewi via YouTube)

2. Gerak Relatif

Gerak relatif adalah gerak benda yang
sifatnya bergantung pada posisi pengamatan

atau titik acuan.
Contoh gerak relatif, ketika ada dua orang yang posisinya berbeda, nih. Misalnya, si Juna posisinya berada di dalam mobil dan Anna berada di luar mobil. Nah, kalau yang jadi titik acuannya itu Anna yang berada di luar, maka yang bergerak adalah Juna yang berada di dalam mobil. Kebalikannya, kalau yang jadi titik acuannya itu Juna yang ada di dalam mobil, berarti yang bergerak adalah Anna.

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Contoh gerak relatif (Sumber: Eva Oktaviana via YouTube)

Gerak Benda Berdasarkan Sifat Kecepatan

Berdasarkan sifat kecepatannya, gerak benda dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan

kecepatan konstan (tetap)

.
Contoh GLB, yaitu seseorang yang mengendarai sepeda motor pada jalan raya yang lurus dengan kecepatan tetap.


Baca Juga:


Perbedaan GLB dan GLBB pada Gerak Parabola

2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Sementara itu, gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda pada lintasan yang lurus dengan

kecepatan yang berubah-ubah secara beraturan dan percepatan tetap
.
Contoh GLBB, yaitu seseorang yang mengendarai mobil pada jalan raya yang lurus, tetapi dengan kecepatan berubah secara teratur (bisa bertambah cepat atau bertambah lambat).

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Bagaimana? Sudah paham tentang macam-macam gerak benda? Materi gerak benda ini memang asik untuk dipelajari, ya. Apalagi contohnya banyak sekali ditemukan di sekitar kita, tanpa kita sadari. Kalau kamu sudah nggak sabar pelajari materi lainnya, kamu bisa
akses di

ruangbelajar
, lho! Di sana, materinya sudah lengkap dibahas. Ada konsep kilatnya juga lagi. Klik banner di bawah ini untuk info lebih lanjut, ya!

Contoh gerak dalam bidang dalam kehidupan sehari-hari

Referensi:

Sugiyarto, Teguh.  Ismawati, Eny. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP/Mts. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber Gambar:

GIF ‘Basketball game’ [Daring]. Tautan: https://tenor.com/view/shooting-gif-8467359. (Diakses: 23 Juli 2021)

GIF ‘Basketball game’ [Daring]. Tautan: https://tenor.com/view/ash-elephant-machine-bulldoze-ride-gif-12678426. (Diakses: 23 Juli 2021)

Dewi, Ucia Mahya. Gerak benda dan jenis-jenis gerak benda. https://www.youtube.com/sentry?v=T3bzPEKSc78 (Diakses 23 Juli 2021)

Oktaviana, Eva. Gerak benda dan jenis-jenis gerak benda. https://www.youtube.com/watch?v=Q3XpM_FFJ20&t=5s (Diakses 23 Juli 2021)

Artikel ini telah diperbarui pada 18 Agustus 2022.

Contoh Glb Dan Glbb Dalam Kehidupan Sehari Hari

Source: https://apacode.com/contoh-gerak-dalam-bidang-dalam-kehidupan-sehari-hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.